Home » Internet » Perbedaan Ekstensi Domain dan Fungsinya

Perbedaan Ekstensi Domain dan Fungsinya

Perbedaan dan Fungsi Ekstensi DomainTop-Level Domain sangat dibutuhkan untuk mendukung situs online, mulai dari kepentingan perusahaan, toko, maupun situs pribadi. Dengan memilih Top-Level Domain (TLD) yabg tepat, maka memastikan juga situs yang dimiliki menjadi lebih menarik dan menjanjikan bagi pengunjung.

Banyak macam ekstensi domain yang beredar, dan berbeda sesuai dengan daftar domain tergantung negara dan suatu wilayah tersendiri. Ekstensi domain yang paling terkenal yaitu .COM, .NET, .ID (untuk wilayah Indonesia).

Fungsi

Hal yang didapatkan dari pemilihan ekstensi domain yang tepat yaitu dapat menjadi daya tarik tersendiri, salah satunya adalah senjata yang paling ampuh untuk memikat hati para pengunjung sehingga pengunjung puas dengan situs masing-masing. Sehingga produk atau artikel yang di posting dalam website laku.

Selain itu banyak mendatangkan traffic organik atau visitor murni dari mesin pencarian seperti google. Sehingga semakin tinggi traffic yang didapat pada suatu website maka semakin tinggi juga pendapatan yang diperoleh (bisa dari iklan).

Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas macam-macam dan perbedaan dari ekstensi Top-Level Domain (TLD). Tentunya hal ini harus menjadi dasar yang paling penting untuk diingat terutama dari kalangan blogger maupun kelas perusahaan sekaligus. Langsung simak saja penjelasannya berikut dari kumpulan ekstensi domain.

Perbedaan ekstensi domain

.COM

Sesuai dengan tiga huruf dari sebuah kata commercial, domain ini pada awalnya memang untuk kebutuhan yang bersifat komersil. Semakin berkembangnya dunia teknologi, domain ini tidak hanya untuk kebutuhan komersil saja namun bisa digunakan hingga kebutuhan mandiri, terkhusus bagi seorang blogger pun dapat menjadikan website-nya untuk menggunakan domain .COM tersebut. Selain itu harganya juga sangat terjangkau dan sangat umum digunakan.

.NET

Sama halnya dengan ekstensi domain .com, ekstensi domain .net juga diambil dari tiga huruf dari kata network. Sesuai dengan kata dasarnya, network yang diartikan jaringan jadi ekstensi ini lebih umum digunakan untuk perusahaan yang berjalan dalam bidang jaringan (internet). Untuk sekarang, domain .NET juga dapat digunakan untuk kebutuhan umum hingga mandiri dan harganya juga terjangkau.

.ID

Domain ini tentu sudah tidak asing juga, .ID merupakan Top-Level Domain kode negara internet untuk Indonesia (menurut Wikipedia), domain ini dikelola oleh Pengelola Domain Internet Indonesia (PANDI).Untuk mendaftarkan domain .ID membutuhkan dokumen identitas Indonesia seperti KTP, SIM, atau Paspor.

Baca juga : Cara Mempercepat Loading Website

Domain juga memiliki variasi yaitu .ID, .CO.ID, .NET.ID, .OR.ID, .SCH.ID dan lain sebagainya. Pada domain .ID digunakan unutk WNI atau badan usaha/sejenisnya, untuk .CO.ID diperuntukkan perusahaan umum yang berbadan hukum yang dibuktikan dengan kepemilikan Akta atau Surat Ijin Usaha, dsb. Begitu juga untuk .NET.ID yang diperuntukkan bagi badan usaha yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Simpulan

Langkah yang tepat dalam pemilihan domain dan ekstensi-nya akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Anda dapat daftarkan Top-Level Domain dengan ekstensi domain seperti diatas di website penyedia layanan pembelian domain.

Ekstensi domain disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sesuai dengan situs yang akan dipasang Top-Level Domain.Sekian informasi dari Admin, semoga bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

1 thought on “Perbedaan Ekstensi Domain dan Fungsinya”

Leave a Comment