Home » Tutorial » Cara Menulis Artikel yang Menarik

Cara Menulis Artikel yang Menarik

Cara Menulis Artikel yang Menarik – Menulis artikel yang benar adalah bagian yang penting dalam membuat sebuah artikel yang menarik. Tidak hanya artikel pada media cetak maupun tulis, penulis online wajib mengetahui cara menulis artikel yang benar supaya konten yang ingin dipublikasikan di media sosial atau website menarik. Bagi penulis yang sekaligus berbisnis, artikel yang menarik bisa mendatangkat visitor atau peningkatan dalam penjualan.

Perlu diketahui bagaimana cara menulis artikel menarik dan tentunya mudah dibaca. Itulah pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh orang. Simak terus pembahasan di bawah ini supaya Anda dapat menulis artikel yang menarik.

Menulis artikel yang menarik memerlukan pengetahuan dan skill yang tinggi. Jangan khawatir bagi Anda yang awam, bagi penulis pemula juga bisa menggunakan cara menulis artikel berikut ini:

1. Memilih tema yang sedang tren

Jika ingin menulis artikel pada website, pastikan memilih tema yang sesuai tren terkini . Misalnya memilih tema makanan, juga bisa juga informasi terbaru tentang resep makanan yang sedang tren tahun ini dan sejenisnya. Pastikan penuhi kebutuhan pembaca supaya pembaca puas dengan tulisan Anda.

Penting untuk diketahui apabila ingin menulis artikel untuk website yaitu harus memasukkan kata kunci atau keyword yang berkaitan dengan tema artikel Anda supaya mudah untuk dijangkau dan dicari di mesin pencari. Artikel yang menarik adalah memiliki informasi lengkap dan terperinci.

2. Melakukan riset terlebih dahulu

Artikel dibuat berdasarkan fakta atau peristwa yang terjadi. Sebaliknya dengan karya fiksi, sehingga Anda harus melakukan penelitian lebih dahulu. Menulis artikel yang menarik harus berdasarkan data dari riset, bisa juga dari kitipan para penulis, buku, dll.

3. Judul harus disertai dengan sub judul

Biasanya pembaca akan tertarik untuk melanjutkan membaca artikel Anda di saat membaca judul. Hal ini adalah yang paling penting, cara menulis artikel yang tak kalah penting lainnya adalah menentukan sub judul yang tepat dan berkaitan dengan sub judul artikel Anda.

Judul boleh sedikit dibuat berbeda dengan tema untuk membuat pembaca penasaran namun tidak boleh memberikan informasi yang menyimpang dengan judul.

Judul yang membuat penasaran bisa membuat pembaca yakin bahwa tulisan Anda merupakan yang pembaca butuhkan. Jadi, cara menulis artikel yang tidak kalah penting adalah menentukan judul yang sesuai dan sub judulnya saling berkaitan.

Apabila saat memilih tema yang akan Anda tulis, pastikan Anda memiliki pemikiran spesifik tentang tema tersebut. Tema atau topik dapat membantu Anda untuk menulis artikel dengan topik yang fokus dengan tema. Di sini pentingnya sub judul supaya membantu memudahkan penulis atau pembaca.

4. Mulai menyusun artikel

Cara menulis artikel pada poin 4 adalah menyusun kerangka dari bab dan sub judul atau pertanyaan penting yang ditentukan. Hindari menulis kerangka artikel yang berisi paragraf yang terlalu panjang atau terbelit-belit. Pembaca akan cepat bosan disaat membaca artikel Anda yang panjang dan tidak membahas pada permasalahan utama.

Buatlah tujuan supaya tulisan Anda lebih bermakna atau hindari informasi berisi yang tidak penting. Cara menulis artikel yang menarik, wajib menggunakan kalimat efektif dan baku supaya isi artikel lebih mudah untuk dipahami.

Baca juga : Inilah Keuntungan Menulis Artikel di Blog

5. Perhatikan 5W + 1H

Hampir sama penulisannya dengan makalah, namun beda tujuan. Pada artikel hanya fokus pada apa yang telah diteliti. Pastikan ada 5W + 1H supaya artikel yang telah dibuat jelas dan dapat mendapatkan inti dari pembahasan.

Unsur yang digunakan untuk memahami inti atau unsur 5W + 1H terdiri dari what (apa), where (dimana), when (kapan), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana). Jadi apabila ingin menulis artikel yang penting maka harus ada adalah unsur-unsur tersebut.

Selain itu 5W + 1H sebagaimana dalam bahasa dijelaskan bahwa unsur tersebut digunakan untuk mengembangkan suatu ide dari topik yang dibahas. Jadi sudah pasti harus ada supaya alur dan inti dari artikel jelas.

6. Pastikan struktur penulisan

Pada artikel pastinya dimulai dengan latar belakang dari topik yang akan dibahas atau dijadikan bahan tulisan nanti. Setelah itu terdapat pertanyaan (biasa juga disebut rumusan masalah) dan tujuan.

Selain itu isi atau pembahasan juga harus rinci dan dapat menjawab semua pertanyaan. Sehingga dapat membuat artikel memiliki tujuan dari penulisnan artikel tersebut. Pastikan sumber atau referensi dicantumkan supaya terhindar dari copyright dan dapat dipercaya oleh pembaca karena sesuai dengan sumbernya.

Baca juga : Cara Membuat Ringkasan Otomatis di Resoomer

7. Baca dan revisi!

Baca lagi artikel yang sudah ditulis supaya bisa menemukan kesalahan informasi yang dirasa kurang tepat dan harus diganti. Informasi tersebut berguna sebagai acuan Anda dalam merevisi ulang. Revisi berguna untuk penyuntingan atau penyajian informasi yang menarik dan memiliki makna.

Pastikan artikel yang telah Anda tulis menarik sehingga mudah untuk dibaca, pastikan juga untuk mempersingkat paragraf dalam artikel yang masih bisa diperpendek supaya lebih padu dan berkaitan.

Itulah cara menulis artikel yang menarik, pastikan semua cara di atas Anda lakukan supaya artikel menarik dan memiliki makna atau tujuan. Mungkin menulis artikel yang seperti itu berat, tetapi apabila sering berlatih dan terus belajar dari kesalahan saat menulis pasti Anda akan mahir dalam menilis artikel. Sekian, terima kasih.

Leave a Comment